Hot News
Pengadilan Agama Tasikmalaya pada hari ini, Rabu, 16 Juli 2025, menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Bulanan bagi seluruh pegawai, yang dilaksanakan di area resepsionis kantor Pengadilan Agama Tasikmalaya. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Tasikmalaya, Dr. Sugiri Permana, S.Ag., M.H., didampingi oleh Wakil Ketua, MISDARUDDIN, S.Ag., M.H..
Dalam arahannya, Ketua dan Wakil Ketua menyampaikan pentingnya komitmen seluruh aparatur peradilan untuk terus meningkatkan kinerja, kedisiplinan, dan profesionalisme, terutama bagi tenaga teknis dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi peradilan secara optimal. Beliau juga mengingatkan pentingnya sinergi dan komunikasi antar bagian guna menciptakan pelayanan yang lebih responsif dan berkualitas.
Pada kesempatan ini juga disampaikan bahwa Pengadilan Agama Tasikmalaya akan menjadi tuan rumah kegiatan Diskusi Hukum PTA Bandung Korwil V yang direncanakan akan digelar pada tanggal 18 Juli 2025. Untuk itu, seluruh pegawai diimbau untuk mulai melakukan persiapan, baik dari sisi teknis, administrasi, maupun penyambutan tamu dari satuan kerja lain.
...
Pengumuman
- Pengembalian Sisa Panjar Juni 2025 | (01/07)
- Pengembalian Sisa Panjar Mei 2025 | (01/07)
- Pengembalian Sisa Panjar April 2025 | (01/07)
- Pengembalian Sisa Panjar Maret 2025 | (11/04)
- Pengembalian Sisa Panjar Februari 2025 | (11/04)
- Pengembalian Sisa Panjar Januari 2025 | (11/04)
- Pengembalian Sisa Panjar Desember 2024 | (22/01)
Artikel
- Tresna Robiyana Suparyo, S.H. | Aplikasi Pengelolaan Arsip Berkas Perkara di Pengadilan Agama Tasikmalaya
- Angga Muhammad Arafat, S.H. | Penerapan Transaksi Pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (Pnbp) Dan Pengembalian Sisa Panjar (Psp) Secara Cashless Di Pengadilan Agama Tasikmalaya
- Lana Fuadi, S.H. | Aplikasi Layanan Tamu Virtual Pengadilan Agama Tasikmalaya
- Dr.Sugiri Permana, S.Ag,M.H. | Administrasi Perkara dan Persidangan Secara Elektronik
- Ketua PA Tasikmalaya Kembali Dipercaya Menjadi Pengajar Diklat Calon Hakim Terpadu Peradilan Agama
- Metodologi Al-Munasakhat Dalam Perhitungan Kewarisan | Oleh : Drs. Isak Munawar, MH.
![]() |
Nama | : IDRIS SUDRAJAT, SHI. |
NIP | : 19740402.199503.1.001 | |
Tanggal lahir | : 02 April 1974 | |
Pangkat/Golongan | : Penata Tk. I (III.d) | |
Jabatan |
: Kepala Sub Bagian Kepegawaian dan ORTALA |
|
Riwayat Pendidikan |
1. SD TASIKMALAYA (1986); 2. SMPN 2 TASIKMALAYA (1989); 3. MAN TASIKMALAYA (1992); 4. S1 STAI TASIKMALAYA (2006); |
|
Riwayat Jabatan |
1. JSP PA TASIKMALAYA (1997); 2. JURUSITA TASIKMALAYA (2008); 3. KASUBAG UMUM PA TASIKMALAYA (2013); 4. KASUBAG UMUM DAN KEUANGAN PA TASIKMALAYA (2015); 5. KASUBAG PTIP PA TASIKMALAYA (2018); 6. KASUBAG KEPEGAWAIAN & ORTALA PA TASIKMALAYA (2023); |
|
Penghargaan |
1. SATYALANCANA KARYA SATYA X TAHUN (2009); 2. SATYALANCANA KARYA SATYA XX TAHUN (2016). |
|
LHKASN |
Periodik 2022 (Klik Disini) Periodik 2023 (Klik Disini) Periodik 2024 (Klik Disini)
|
|
![]() |
Nama | : ASEP SONY DWI SUTENDHI, S.E., M.M. |
NIP | : 19830304.200912.1.004 | |
Tanggal lahir | : Ciamis, 04 Maret 1983 | |
Pangkat/Golongan | : Penata Tk. I (III.d) | |
Jabatan |
: Kepala Sub Bagian Perencanaan, TI dan Pelaporan |
|
Riwayat Pendidikan |
1. SD YKPP 02 CILACAP (1995); 2. SLTP N 6 CILACAP (1998); 3. SMU N 1 CILACAP (2001); 4. D-III AKADEMI AKUNTANSI UNPAD BANDUNG (2005); 5. S-1 AKUNTANSI UNIV. GALUH CIAMIS (2011); 6. S-2 MAGISTER MANAJEMEN UNIV. GALUH CIAMIS (2015);
|
|
Riwayat Jabatan |
1. CPNS PA TIGARAKSA (2009); 2. STAF PA TIGARAKSA (2011); 3. JSP PA TIGARAKSA (2012); 4. JSP PA CIAMIS (2014); 5. KASUBAG UMUM DAN KEUANGAN PA PURWAKARTA (2019); 6. Kepala Sub Bagian Perencanaan, TI dan Pelaporan PA TASIKMALAYA (2023); |
|
Penghargaan |
: SATYALANCANA KARYA SATYA X TAHUN (2020); |
|
LHKASN |
Periodik 2022 (Klik Disini) Periodik 2023 (Klik Disini) Periodik 2024 (Klik Disini)
|
|
![]() |
Nama | : TIYA FUJI ASTUTI, S.IP. |
NIP | : 19940904.201903.2.015 | |
Tanggal Lahir | : Bandung, 09 April 1994 | |
Pangkat/Golongan | : Penata (III.c) | |
Jabatan | : Kepala Sub Bagian Umum dan Keuangan | |
Riwayat Pendidikan |
1. SD Budiluhur (2006); 2. SMP Negeri 9 Cimahi (2009); 3. SMA Negeri 4 Cimahi (2012); 4. S1 Ilmu Pemerintahan Universitas Jendral Ahmad Yani (2019); |
|
Riwayat Jabatan |
1. CPNS PA TASIKMALAYA (2019); 2. PNS PA TASIKMALAYA (2020); 3. Kepala Sub Bagian Umum dan Keuangan (2023). |
|
Penghargaan |
- |
|
LHKASN |
Periodik 2022 (Klik Disini) Periodik 2023 (Klik Disini) Periodik 2024 (Klik Disini)
|
|
![]() |
Nama | : BAYU ADITYA PRATAMA, S.T. |
NIP | : 19870630.202012.1.002 | |
Tanggal Lahir | : Balikpapan, 30 Juni 1987 | |
Pangkat/Golongan | : Penata Muda Tingkat I (III.b) | |
Jabatan | : Pranata Komputer Ahli Pertama | |
Riwayat Pendidikan |
1. SD NEGERI 001 BALIKPAPAN (1999); 2. SLTP NEGERI 2 TARAKAN (2002); 3. SMA NEGERI 5 BALIKPAPAN (2005); 4. UNIVERSITAS PASUNDAN BANDUNG (2015); |
|
Riwayat Jabatan |
1. CPNS PA TASIKMALAYA (2020); 2. PNS PA TASIKMALAYA (2022); |
|
Penghargaan |
- |
|
LHKASN |
Periodik 2022 (Klik Disini) Periodik 2023 (Klik Disini) Periodik 2024 (Klik Disini) |
|
![]() |
Nama | : WANDA MARTATRIA, S.IP |
NIP | : 19940331.202203.2.006 | |
Tanggal Lahir | : Bandung, 31 Maret 1994 | |
Pangkat/Golongan | : Penata Muda (III.a) | |
Jabatan | : | |
Riwayat Pendidikan |
:1. SDN BABAKAN SETRAL 3 KOTA BANDUNG (2005); 2. SMPN 37 BANDUNG (2008); 3. SMK Yayasan Pendidikan Farmasi (YPF) BANDUNG (2011); 4. UNIVERSITAS PASUNDAN (2016); |
|
Riwayat Jabatan |
CPNS PA TASIKMALAYA (2022); Analis Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan PA TASIKMALAYA (2023); Klerek - Penelaah Teknis Kebijakan (2024) |
|
Penghargaan |
- |
|
LHKASN |
Periodik 2022 (Klik Disini) Periodik 2023 (Klik Disini) Periodik 2024 (Klik Disini) |
|
![]() |
Nama | : CINTIYA, A.Md. |
NIP | : 19990504.202203.2.003 | |
Tanggal Lahir | : Kuningan, 04 Mei 1999 | |
Pangkat/Golongan | : Penata Muda (III.a) | |
Jabatan | : Klerek-Pengolah data dan Informasi | |
Riwayat Pendidikan |
1. SDN SINDANGSARI KUNINGAN (2011); 2. SMPN 4 KUNINGAN (2014); 3. SMAN1 KUNINGAN (2017); 4. UNIVERSITAS GADJAH MADA (2020); |
|
Riwayat Jabatan |
CPNS PA TASIKMALAYA (2022); PNS PA TASIKMALAYA (2023); Pengelola Barang Milik Negara (2023); Klerek-Pengolah Data dan Informasi PA Tasikmalaya (2025) |
|
Penghargaan |
- |
|
LHKASN |
Periodik 2022 (Klik Disini) Periodik 2023 (Klik Disini) Periodik 2024 (Klik Disini) |
|
![]() |
Nama | : SURYA MAULANA ARDI, SH. |
NIP | : - | |
Tanggal Lahir | : 17 November 1987 | |
Pangkat/Golongan | : - | |
Jabatan | : Staf Keuangan | |
![]() |
Nama | : AGUS SAEPULOH |
NIP | : - | |
Tanggal Lahir | : 14 Agustus 1976 | |
Pangkat/Golongan | : - | |
Jabatan | : Resepsionis | |
![]() |
Nama | : Muhamad Rusdani |
NIP | : - | |
Tanggal Lahir | : 28 Juli 1986 | |
Pangkat/Golongan | : - | |
Jabatan | : Petugas Keamanan (Satpam) | |
![]() |
Nama | : ATENG SAEPUDIN |
NIP | : - | |
Tanggal Lahir | : 11 Desember 1969 | |
Pangkat/Golongan | : - | |
Jabatan | : Petugas Keamanan (Satpam) | |
![]() |
Nama | : Mamat Kardi |
NIP | : - | |
Tanggal Lahir | : 10 Juni 1976 | |
Pangkat/Golongan | : - | |
Jabatan | : Supir | |
![]() |
Nama | : ADHI FAJRIN HAMIDANIKAR, SE. |
NIP | : - | |
Tanggal Lahir | : 14 Agustus 1986 | |
Pangkat/Golongan | : - | |
Jabatan | : Supir | |
![]() |
Nama | : Amiludin |
NIP | : - | |
Tanggal Lahir | : 17 Maret 1983 | |
Pangkat/Golongan | : - | |
Jabatan | : Petugas Keamanan (Satpam) | |
![]() |
Nama | : Dayat |
NIP | : - | |
Tanggal Lahir | : 01 Agustus 1973 | |
Pangkat/Golongan | : - | |
Jabatan | : Pramubakti | |
![]() |
Nama | : Adaliya Bilqis Tiya, SH. |
NIP | : - | |
Tanggal Lahir | : Padang Panjang, 01 November 1996 | |
Pangkat/Golongan | : - | |
Jabatan | : Resepsionis | |
![]() |
Nama | : Erik Muhammad Alwy |
NIP | : - | |
Tanggal Lahir | : Tasikmalaya, 05 Februari 1986 | |
Pangkat/Golongan | : - | |
Jabatan | : Petugas Keamanan (Satpam) | |
![]() |
Nama | : Firman Nurdiansyah |
NIP | : - | |
Tanggal Lahir | : Tasikmalaya, 19 Januari 1999 | |
Pangkat/Golongan | : - | |
Jabatan | : Pramubakti | |
![]() |
Nama | : Cirani Anggraeni |
NIP | : - | |
Tanggal Lahir | : Bandung, 26 Mei 1998 | |
Pangkat/Golongan | : - | |
Jabatan | : Petugas Keamanan (Satpam) |
Pelayanan E-Court
Aplikasi e-court adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran Perkara secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik. e-Filing (Pendaftaran Perkara Online), e-Payment (Pembayaran Panjar Biaya Perkara Online), e-Summons (Pemanggilan Pihak secara online)
SelanjutnyaBagaimana Cara Mendapatkan Pelayanan Informasi?
Berdasarkan surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor : 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan sebagai pengganti Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor : 144/KMA/VIII/2007 tentang Keterbukaan Informasi di Pengadilan terdapat prosedur permohonan informasi yang terbagi pada jenis jenis informasi yang terkatagori informasi yang wajib diumumkan setiap saat dan informasi yang wajib tersedia setiap saat dan dapat diakses oleh masyarakat.
SelanjutnyaBantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu
Sebagaimana Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan, Pengadilan Agama Tasikmalaya memberikan layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu yang meliputi Layanan Pembebasan Biaya Perkara, Sidang di Luar Gedung Pengadilan, dan Pos Bantuan Hukum (Posbakum).
Lebih LanjutE-Learning Mahkamah Agung
E-Learning Mahkamah Agung Republik Indonesia adalah sebuah situs untuk memfasilitasi dalam hal pendidikan pelatihan dan untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi situs resminya dengan cara klik tombol dibawah ini.
Lebih LanjutJaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum
Dengan pemberlakuan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU-KIP) pada 30 April 2010, maka keterbukaan akan informasi termasuk informasi di bidang hukum dan regulasi yang diterbitkan dalam bidang hukum dan peradilan sudah merupakan kebutuhan masyarakat.
Lebih Lanjut
Pengadilan Agama Tasikmalaya, BISAA !!